Trend Sist / TI Dalam Bidang Kesehatan dan Dalam Bidang Media (New Media)



1.  Trend sist / TI dalam bidang kesehatan
A.  Perkembangan , manfaat, peranan komputer dibidang kesehatan.

  •    Perkembangan  komputer dibidang kesehatan.

     Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesat terutama dalam dunia IT (Informatic Technology). Perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan. Dewasa ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Salah satu contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra sonografi).
     USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor. Pada awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemudian bertahun-tahun setelah itu, bidang kedokteran. Penggunaan ultrasonik dalam bidang kedokteran ini pertama kali diaplikasikan untuk kepentingan terapi bukan untuk mendiagnosis suatu penyakit. Dalam hal ini yang dimanfaatkan adalah kemampuan gelombang ultrasonik dalam menghancurkan sel-sel atau jaringan “berbahaya” ini kemudian secara luas diterapkan pula untuk penyembuhan penyakit-penyakit lainnya. Misalnya, terapi untuk penderita arthritis, haemorrhoids, asma, thyrotoxicosis, ulcus pepticum (tukak lambung), elephanthiasis (kaki gajah), dan bahkan terapi untuk penderita angina pectoris (nyeri dada).
     Baru pada awal tahun 1940, gelombang ultrasonik dinilai memungkinkan untuk digunakan sebagai alat mendiagnosis suatu penyakit, bukan lagi hanya untuk terapi. Hal tersebut disimpulkan berkat hasil eksperimen Karl Theodore Dussik, seorang dokter ahli saraf dari Universitas Vienna, Austria. Bersama dengan saudaranya, Freiderich, seorang ahli fisika, berhasil menemukan lokasi sebuah tumor otak dan pembuluh darah pada otak besar dengan mengukur transmisi pantulan gelombang ultrasonik melalui tulang tengkorak. Dengan menggunakan transduser (kombinasi alat pengirim dan penerima data), hasil pemindaian masih berupa gambar dua dimensi yang terdiri dari barisan titik-titik berintensitas rendah. Kemudian George Ludwig, ahli fisika Amerika, menyempurnakan alat temuan Dussik.
     Tahun 1949, John Julian Wild, ahli bedah Inggris yang bekerja di Medico Technological Research Institute of Minnesota, berkolaborasi dengan John Reid, seorang teknisi dari National Cancer Institute. Mereka melakukan investigasi terhadap sel-sel kanker dengan alat ultrasonik. Beberapa jenis alat yang dibuat untuk kepentingan investigasi tersebut antara lain B-mode ultrasound, transduser/alat pemindai jenis A-mode transvaginal, dan transrectal. Prinsip alat-alat tersebut mengacu pada sistem radar. Oleh sebab itu mereka kemudian menyebutnya sebagai Tissue Radar Machine (mesin radar untuk deteksi jaringan). Beberapa hasil penelitian lanjutan yang cukup penting dalam bidang obstetri ginekologi antara lain ditemukannya metode penentuan ukuran janin (fetal biometry), teknologi transduser/alat pemindai digital, transduser dua dimensi dan tiga dimensi modern penghasil tampilan gambar jaringan yang lebih fokus, dan penentuan jenis kelamin janin dalam kandungan (Fetal Anatomic Sex Assignment/FASA).
     Teknologi transduser digital sekira tahun 1990-an memungkinkan sinyal gelombang ultrasonik yang diterima menghasilkan tampilan gambar suatu jaringan tubuh dengan lebih jelas. Penemuan komputer pada pertengahan 1990 jelas sangat membantu teknologi ini. Gelombang ultrasonik akan melalui proses sebagai berikut, pertama, gelombang akan diterima transduser. Kemudian gelombang tersebut diproses sedemikian rupa dalam komputer sehingga bentuk tampilan gambar akan terlihat pada layar monitor. Transduser yang digunakan terdiri dari transduser penghasil gambar dua dimensi atau tiga dimensi. Seperti inilah hingga USG berkembang sedemikian rupa hingga saat ini.



  •  Manfaat komputer dalam bidang kesehatan
manfaat dari penerapan komputer dalam bidang kesehatan di tiap-tiap aplikasi antara lain sebagai berikut :

1.      Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok.
2.      Melihat dan menganalisa organ tubuh bagian dalam manusia.
3.      Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien.
4.      Melakukan penelitian ilmia yang diperlukan.
5.      Mendeteksi DNA seseorang.
6.      Mengecek dan mengetahui hasil tes darah di laboratorium.
7.      Sebagai alat bantu dalam pemeriksaan medis.
tepatnya sekira tahun 1920-an, prinsip kerja gelombang ultrasonik mulai diterapkan dalam

  •  Peranan komputer dibidang kesehatan
Dalam bidang kesehatan, komputer sangat berperan penting. Penggunaan komputer dibidang kesehatan tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunannya, tetapi juga oleh organisasi tersebut, dalam hal ini misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya. Perangkat ini secara tidak langsung dapat menolong jiwa manusia.
Komputer dapat digunakan mulai dari penyimpanan dan pengolahan data administrasi suatu rumah sakit atau klinik, hingga melakukan riset bidang.
Peranan komputer dalam bidang kesehatan sangat banyak dan penting. Sebagai contoh dalam bidang kesehatan peranan - peranan tersebut antara lain :

      1.       Bidang administrasi
Komputer didalam dunia administrasi sangat membantu dalam penyimpanan , pengelompokan, dan pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit untuk memeriksa banyaknya data-data pasien, stok obat, dan data-data lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit . dengan adanya komputer memeriksa data-data lainnya yang memiliki oleh rumah sakit akan mudah dan praktis untuk dilakukan.

      2.       Bidang farmasi
Komputer juga berperan sangat penting dalam farmasi untuk merecord resep dan dosis , serta menyimpan data harga obat-obatan tersebut. Dengan adanya komputer dalam bidang farmasi juga membantu untuk mengelompokan macam-macam obat berdasarkan kegunaannya, seperti panadol, femihnax, ponstan adalah obat penahan rasa sakit.

      3.       Mendiagnosa suatu penyakit
Komputer dna yang sudah dirancang khusus didalam bidang kesehetan mendiagnosa suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi , dengan menggunakan komputer akan lebih cepat , memudahkan dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu penyakit.

      4.       Memonitoring status pasien
Mudah melacak pasien yang sudah pernah datang atau baru pertama kalinya berobat . dokter pun dapat dengan mudahnya melihat hasil pemeriksaan atau keluhan dari pasien yang sebelumnya pernah diderita oleh pasiennya, tanggal pasien terakhir kali berobat , resep yang pernah diberikan dan masih banyak lagi.

      5.       Penelitian
Peneliti ilmiah yang sering dilakukan dalam bidang kesehtan sangatlah bergantung pada penggunaan komputer. Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian , karena adanya komputer penelitian dapat ditelusuri lebih dalam dan mendetail. 


B.  Pengertian Sist e-health
E-Health atau Electronic Health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pula elektronika, telekomunikasi, computer dan informatika untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran, guna melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), adaministrasi serta pendidikan. Sebagian orang akan berpendapat itu dipertukarkan dengan informatika kesehatan dengan definisi yang luas meliputi proses elektronik / digital dalam kesehatan, sementara yang lain menggunakannya dalam arti sempit dari praktek perawatan kesehatan menggunakan Internet. Hal ini juga dapat mencakup aplikasi kesehatan dan link pada ponsel, disebut sebagai m-kesehatan atau e-Health. Dalam E-health factor jarak tidak dipersoalkan karena semua kegiatannya di lakukan melalui koneksi data dan secara realtime.



C. Diagram sist e-health




Secara sederhana sistem E-Health terdiri atas sejumlah “Stasiun Medis” yang satu sama lain dihubungkan dalam suatu jaringan (Network). Suatu stasiun medis sendiri dapat terdiri atas :
      1.      Komputer dengan perangkat lunak di dalamnya
      2.       Sebuah perangkat antar-muka pasien
      3.      Sejumlah instrument biomedika (tergantung keperluan)
      4.      Sebuah perangkat antar-muka pengguna (berikut alat input output yang digunakan)
      5.       Jaringan dan perangkat telekomunikasi yang tersedia.

Pada dasarnya setiap stasiun medis dapat berhubungan dengan stasiun medis lainnya secara
      1.      Real-time (secara sinkron), contohnya saat telekonsultasi antara dokter umum dan dokter spesialis mengenai kasus darurat seorang pasien.
      2.      Store and forward, pengiriman informasi dan pembacaannya tidak pada saat yang sama, contohnya dalam penyampaian singkat jumlah rekapitulasi jumlah pasien di suatu puskesmas selama sebulan beserta informasi penting secara singkat.


    D. Manfaat e-health
   Sistem E-Health ini begitu bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kedokteran saat ini, dikarenakan untuk mengimbangi tingginya aktivitas dan penyampaian informasi secara detail dan cepat memang memerlukan penerapan suatu teknologi berbasis komputerisasi, berikut manfaat lain dari penerapan sistem E-Health dalam dunia kedokteran :
      1.      Peningkatan efisiensi atau penurunan biaya.
      2.      Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
      3.      Pembuktian diagnose melalui evaluasi ilmiah
      4.       Pemberdayaan pasien dan konsumen
      5.       Mendorong terjadinya hubungan yang lebih baik antara pasien dan tenaga kesehatan
      6.      Pendidikan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat
      7.      Mendorong tumbuhnya komunikasi dan pertukaran informasi antar lembaga pelayanan kesehatan
      8.      Perluasan ruang lingkup pelayanan kesehatan.

  

     E. Contoh Penerapan E-health

  • ·                      Sistem Resep Elektronik
Merupakan sistem komputerisasi penulisan resep obat yang juga dikenal dengan E-Prescription, dimana
pada sistem ini dokter menuliskan dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan
media elektronik menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas.
Sistem ini dibuat untuk menghindari terjadinya ROM (Reaksi Obat Merugikan) yang biasa disebabkan oleh
adanya kesalahan pemakaian obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebenarnya hal ini
dapat dicegah apabila dilakukan dengan lebih teliti dan hati-hati.
Kesalahan tersebut dapat dibagi dalam 4 fase :
1. Fase penulisan resep
2. Fase pembacaan resep
3. Fase penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek
4. Fase penggunaan obat oleh pasien
  • ·                    Cara Kerja Sistem Resep Elektronik
Resep elektronik ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak, perangkat keras yang digunakan adalah computer dan perangkat lunak yang digunakan adalah perangkat lunak resep elektronik dengan modul pendeteksi ROM (Reaksi Obat Merugikan).Satu computer digunakan sebagai server (pusat data). Server tersebut dihubungkan dengan computer-komputer lainnya menggunakan hub pada LAN (Local Area Network). Perangkat lunak hanya di instalasi di computer server saja dan sistem ini dapat digunakan pada satu, dua atau banyak computer.


    F . Bionformatika
  
    Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bioinformatika merupakan ilmu gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Pada umumnya, Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu ini merupakan ilmu baru yang yang merangkup berbagai disiplin ilmu termasuk ilmu komputer, matematika dan fisika, biologi, dan ilmu kedokteran , dimana kesemuanya saling menunjang dan saling bermanfaat satu sama lainnya. Contoh topik utama bidang ini meliputi database untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.

     Mengapa Bioinformatika Menjadi Tren Ilmu Masa Kini?
               Bioteknologi modern ditandai dengan kemampuan manusia untuk memanipulasi kode genetik DNA. Berbagai aplikasinya telah merambah sektor kedokteran, pangan, lingkungan, dsb. Kemajuan ilmu Bioinformatika ini dimulai dari genome project yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan tumpukan informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi. Pada tahun 2001 pembacaan sekuen genom manusia yang dilakukan oleh perusahaan bioteknologi Amerika Serikat (AS) Celera Genomics menjadi lebih cepat dan lebih akurat dibanding usaha konsorsium lembaga riset publik AS, Eropa, dll berkat kontribusi TI melalui perangkat komputasinya (perangkat keras maupun lunak). Aplikasi TI life sciences yang melahirkan bidang Bioinformatika dalam bidang biologi/akan menjadi semakin penting di masa depan, tidak hanya mengakselerasi kemajuan bioteknologi namun juga menjembatani dua gelombang ekonomi baru tersebut (TI & bioteknologi).
              Keberadaan database adalah syarat utama dalam analisa Bioinformatika. Database informasi dasar telah tersedia saat ini. Untuk database DNA yang utama adalah GenBank di AS (Gambar 2). Sementara itu bagi protein dan sekuen asam aminonya, databasenya dapat ditemukan di Swiss-Prot (Swiss) dan untuk struktur 3D-nya di Protein Data Bank (PDB; AS).
Dengan Bioinformatika, data-data ini bisa disimpan dengan teratur dalam waktu yang singkat dan tingkat akurasi yang tinggi serta sekaligus dianalisa dengan program-program yang dibuat untuk tujuan tertentu. Sebaliknya Bioinformatika juga mempercepat penyelesaian genome project ini karena Bioinformatika mensuplai program-program yang diperlukan untuk proses pembacaan genom ini.




2.  Trend sist / TI dalam bidang media/new media













A .Manfaat media

            1.      Bidang Sosial
      Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.

            2.      Bidang Industri/Dagang
    Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.

            3.      Bidang Pendidikan
     Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.

          4.      Bidang Lowongan Kerja
      Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.


B. Tantangan New Media
 


Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

Menurut para ahli :
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.

Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat



C. Elemen Media
Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
  • Distributoradalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
  • Konsumenadalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
1.      Internet & Web
2.      Personal Komputer (PC) / Notebook
3.      DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4.      VCDs (Compact Discs)
5.      Portable Media Player.
6.      Mobile Phone.
7.      Video Game/ Game Computer. 


     D. Contoh kasus SEO
















SEO merupakan ilmu atau panduan yang perlu dimengerti jika anda ingin website anda menduduki peringkat tinggi di Search Engine. Dengan memiliki teknik yang benar, kemungkinan website berada di posisi lebih tinggi akan meningkat. SEO tidak sesulit pikiran orang. Intinya bagaimana website anda mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian Search Engine atau Search Engine Results Position (SERP). Apakah sebenarnya SEO itu? Jawabnya adalah pengoptimalan website sehingga website berada di posisi optimal. Menurut penelitian, hampir 80% persen pengunjung website didapatkan dari Search Engine. Dengan mendapatkan posisi tinggi, otomatis orang yang mengunjungi website akan lebih banyak dibandingkan website yang mendapatkan posisi rendah di SERP-nya (Zaki, 2009).
Mesin pencari atau Search Engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan. Mesin pencari internet (web) bekerja dengan cara menyimpan informasi dalam bentuk halaman web dengan jumlah yang sangat banyak ke dalam databasenya. Halaman web yang tersimpan dalam database diambil oleh software (robot) web crawler, web spider atau nama lainnya yaitu semacam browser otomatis yang mengikuti setiap hyperlink yang ditemui pada halaman web kemudian dianalisa untuk menentukan cara mengindeksnya dalam database untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Ketika seseorang menggunakan mesin pencari dan memasukkan kata kunci/keyword (query) selanjutnya mesin pencari akan mencari dalam indeks database dan memberikan daftar hasil halaman web beserta urutannya yang paling sesuai dengan kriteria algoritma (Andre, 2013).
Search engine bergantung pada program robot yang sangat rumit biasa disebut algoritma. Robot ini melakukan 4 hal, yaitu menjelajahi internet, mengumpulkan data ke dalam indexnya, menilai penekanan relevansi pada setiap halaman, dan memberikan ranking pada setiap halaman berdasarkan relevansinya dengan suatu kata kunci. Setelah spiderbot sampai ke halaman blog, maka akan membaca semua teks (tulisan) yang ada pada halaman tersebut tersebut lalu menyimpannya ke database Search Engine. Halaman yang sudah dibaca, akan dianalisa dan disusun berdasarkan persentase jumlah kata, penekanan-penekanan dengan menggunakan title tag, meta description, bold, dan lain-lain. Proses ini sangatlah rumit, dan menggunakan banyak algoritma untuk mengenali, yang mana yang penting, dan yang mana tidak penting. Setelah di analisa, maka data-data ini disimpan untuk dipanggil kapanpun ada query yang membutuhkan.
Halaman-halaman web yang disimpan di dalam database Search Engine mempunyai begitu banyak parameter. Semua kata pada halaman tersebut akan dihitung untuk menentukan relevansi halaman tersebut. Teks Jangkar pada link yang masuk pun diperhitungkan, dan ada begitu banyak lagi parameter yang menjadi penilaian suatu

        Sumber :
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:bK4FRX_dPywJ:technoscientia.akprind.ac.id/full/vol6no1agus2013/80-88_njs.pdf+&cd=4&hl=en&ct=clnk&client=firefox-b


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pencarian Buta (Blind search) dan Metode Pencarian Heuristik

SLA (Service Level Agreement) dan OLA (Operational Level Agreement).