Tugas Inovasi SI & Teknologi Informasi
I. SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI
1. Sejarah Teknologi Informasi
a. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa itu sudah memiliki
kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan dan
mepresentasikannya dalam berbagai bentuk yang kemudian dilukis pada dinding gua
tempat tinggal mereka.
Berkomunikasi dengan
gambar/lukisan menjadi pilihan yang baik karena kemampuan berbahasa pada
waktu itu hanya berkisar pada suara dan isyarat tangan. Perkembangan
selanjutnya dimulai menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap
sebagai alat pemberi peringatan terhadap keadaan tertentu seperti keadaan
bahaya.
b. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) Masa Tahun 3000SM
Pada masa ini orang mulai mengenal
simbol atau tulisan dan pertama kali simbol untuk informasi, digunakan oleh
Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu itu berupa simbol-simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf yang
digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam penyebutannya untuk setiap
bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat dan bahasa.
2) Masa Tahun2900 SM
Pada masa ini sudah ditemukan bahwa
Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph.
Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. Untuk
setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan apabila digabungkan
menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti tersendiri. Bentuk
tulisan dan bahasa hierogliphini lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan
tulisan bangsa Sumeria
3) Masa Tahun 500 SM
Pada masa ini manusia sudah
mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat
pohon tumbuh disekitar sungai nil ini dapat dijadikan media menulis/media
informasi pada masa itu. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal media
yang kita kenal sekarang ini yaitu media kertas.
4) Masa Tahun 1455
Masa ini ditandai dengan cara
menciptakan mesin cetak. Pasa masa ini manusia sudah menggunakan mesin cetak
yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Lalu plat tersebut diganti dengan
bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan dikembangkan untuk pertama kali
oleh Johann Gutenberg.
5) Masa Tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang sudah
mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis program komputer
yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mesin analytical
dengan
programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu.
Pada tahun 1837 ditandai
dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse
mengembangkan telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir
William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka mengirim
informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel
yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi
ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang
bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan
secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan
waktu.
Pada tahun 1861 orang sudah
memikirkan bagaimana menampilkan informasi dalam bentuk gambar bergerak dalam
media layar. Masa itu pula gambar bergerak yang peroyeksikan ke dalam sebuah
layar untuk yang pertama kali di gunakan. Penemuan ini merupakan cikal bakal
teknologi film sekarang.
Pada tahun 1876 Melvyl
Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Pada tahun 1877 Alexander
Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Pada
tahun itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard
Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam
tape (pita) magnetis untuk yang pertama.
c. Masa Tahun 1900-an
Tahun 1923 Zvorkyn
menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940 dimulainya
pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia II
yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen
militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar
Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.
Tahun 1946 komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC I
dikembangkan. Tahun 1948 para peneliti di Bell Telephone mengembangkan
Transistor. Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan
transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan
bahkan milyaran transistor dimasukan ke dalam sebuah keping kecil kristal
silikon.
USSR (Rusia pada saat itu)
meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas
sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk ARPA (Advance
Research Projects Agency) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan
Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam
bidang militer. Tahun 1962 Rand Paul Barand, dari
perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan
desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru
kendali dalam perang nuklir.
Diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP
(Transmission Control Protocol)kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol
jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup
dari DARPA.
Tahun 1981, National Science
Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas
56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986
IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi
diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Tahun 1991
sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali
terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya dan memungut
bayaran dari para anggotanya.
Pada
tahun 1993 NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan
internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (AT&T),
jasa registrasi (Network Solution Inc,), dan jasa nformasi (General
Atomics/CERFnet). Tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat
cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan
menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Tahun 1995,
Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
backbone, langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi
khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan
alat yang lebih canggih
2.
Perkembangan
Komputer
Perkembangan
komputer pada
awalnya ditemukan oleh seorang ilmuan yang bernama Charles Babbage yang
berhasil membuat sebuah mesin yang diberi nama Difference and Analitycal
Engine. Mesin ini berfungsi untuk menghitung angka. Sejak saat itu banyak
dilakukan berbagai penelitian untuk menciptakan mesin hitung yang lebih cepat
dan praktis. Kemudian menculah berbagai generasi komputer yang terbagi menjadi
komputer generasi 1, 2, 3, 4, dan 5.
Ø Komputer Generasi I
Komputer generasi
pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang
mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan
daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung
hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal
tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat
menyalurkan panas.
Ø Komputer Generasi II
generasi kedua
lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi
perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung
hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin
elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Ø Komputer Generasi III
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ø Komputer
Generasi IV
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Ø Komputer Generasi V
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
3.
Perangkat Komputer
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2
bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras
(Hardware).
A. Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
A. Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2). Sistem
Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
B. Perangkat
Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya .
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
a) CPU (Control Processing Unit)
Salah satu perangkat keras komputer adalah CPU atau
cental processing unit,
CPU adalah inti dari sistem komputer.
1)
Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
2). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
3). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
4). Power
Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
5). Kipas
Pendingin (Heat Sink Fan)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
6) VGA Card
VGA
card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan
pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor
atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai
kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer
yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
7) NIC
(Network Interface Card)
NIC (Network Interface Card ) dalam
bahasa Indonesia disebut Kartu Jaringan adalah sebuah kartu yg berfungsi
sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Kartu Jaringan ini bersifat
fisik adalah Jaringan Ethernet, Token Ring, dll. Sedangkan NIC/Kartu Jaringan
bersifat Logis adalah loopback adapter, dan dial-up adapter atau disebut juga Network
Adapter.
b). Perangkat Input
Komputer
1). Keyboard
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3).Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
4) Speaker
Speaker
merupakan alat out yang dapat memberi hasil informasi berupa suara.
5) Printer
Printer
berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks
maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media
cetaknya
4.
Manfaat Teknologi Informasi
Manfaat
teknologi informasi ini secara umumnya yaitu :
- Terbukanya peluang bisnis baru secara alami.
- Terciptanya suatu lapangan pekerjaan baru.
- Terciptanya peningkatan suatu layanan informasi dari jarak jauh dalam hal bidang kesehatan(telemedicine).
- Adanya peningkatan kuantitas maupun kualitas suatu pelayanan publik.
- Memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dalam melakukan komunikasi.
- Mudahnya pembentukan e-Learning yang bisa di manfaatkan sebagai sarana dalam memperbaiki system dalam pendidikan.
Dalam Bidang Pendidikan
Berikut ini
merupakan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya teknologi informasi
dalam bidang pendidikan.
Untuk Peserta didik
- Segala pengetahuan yang bisa di cari dapat dengan mudah diakses dan ditemukan, umpamanya saat mempelajari mengenai persiapan diri dalam SNMPTN secara online, sebelum sampai saat menghadapi seleksi yang sebenarnya.
- Mereka tak mungkin lagi akan ketinggalan apa saja informasi yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, umpanya mengenai sejarah – sejarah , budaya suatu daerah, dan lain – lain sebagainya.
Bagi Masyarakat
- Bisa membantu kalangan masyarakat dalam hal mengembangkan perdagangannya yaitu melalui sebuah system e-Commerce.
- Bisa menjadi sebagai sumber informasi dan bahan untuk belajar.
- Dapat menumbuhkan wujud jiwa kewirausahaan seperti dalam hal memasarkan sebuah produk dengan secara online.
- Dapat menjadi suatu sarana Dalam tinjauan market secara luas dengan dilalui dalam produknya.
- Dalam informasi tentang kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih makmur akan tercapai.
II.
Perkembangan perangkat
keras dan perangkat lunak
a.
Pemahaman Komponen
Perangkat Keras
·
Input
Dilihat dari fungsinya, ini merupakan perangkat keras
komputer yang memiliki peran untuk memasukkan data yang dapat digolongkan dalam
4 bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik
grafis atau gambar), suara, dan bentuk-bentuk lainnya dari luar ke dalam
komputer. Komponen inilah yang bertugas sebagai penerjemah kode-kode perintah
ke dalam bahasa mesin, lalu mengirimkan data tersebut ke memori dan processor
untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai input
device (unit masukan) antara lain :
- Gamepad
- Joystick
- Keyboard
- Light Pen
- Mikrofon
- Mouse
·
Proses
Perangkat
keras komputer berikutnya adalah yang berfungsi sebagai alat proses. Tentu
tidak akan ada gunanya khan apabila semua perintah/instruksi yang diberikan
pada komputer tidak diproses atau dieksekusi dengan baik ? Karena itulah ada
beberapa komponen perangkat keras yang memegang peranan penting ini untuk
menjamin semua perintah dapat diteruskan menjadi informasi yang dibutuhkan.
Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai proses
device (unit pemrosesan) antara lain :
- Kartu Grafis (VGA)
- Microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan Control Section)
- Motherboard
- Power Supply (PSU)
- Random Access Memory (RAM)
·
Kontrol
Unit
kontrol ini merupakan komponen cpu yang berfungsi mengatur jalannya program. Komponen
ini pasti terdapat dalam semua cpu . cpu bertugas mengontrol sebuah komputer
sehingga memungkinkan terjadinnya sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan
fungsi-fungsi operasinnya. Selain iu kontrol unit bertanggung jawab dalam
mengambil instruksi-intruksi dari memori utama (RAM) & memastikan apa saja
jenis instruksi tersebut.
Apalabila
ada instruksi untuk rumus aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kontrol
dapat mengirim intruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dipindahkan
oleh unitkontrol ke RAM lagi untuk disimpan, dan pada saatnya disiapkan ke
fasilitas output. Simpulnya fungsi dan tugas unit kontrol adalah sebagai
berikut.
·
Penyimpanan
Ada salah satu komponen perangkat keras komputer yang dalam
sistem kerjanya memiliki tugas sebagai media penyimpanan data.
Komponen ini juga biasa disebut dengan istilah memori,
dimana fungsi utamanya yaitu sebagai tempat penyimpanan atau penampung data dan
program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem
komputer. Unit penyimpanan digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu storage external
memory (media penyimpanan eksternal) dan storage internal memory (media
penyimpanan internal).
Perangkat keras komputer yang termasuk dalam storage
external memory (media penyimpanan eksternal) yaitu :
- Magnetic disk (Floppy Disk dan Harddisk)
- Magnetic Tape
- Optical Disk (CD/DVD)
- Removeable hard disk (Zip disk dan Flashdisk)
·
Output
Berikutnya
adalah yang berfungsi sebagai output device (unit keluaran). Bisa dikatakan
perangkat ini merupakan kebalikan dari input device (unit masukan), dimana
dalam sistem kerjanya bertindak sebagai komponen yang mengeluarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU, dengan memanfaatkan
suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk
penyimpanan data hasil proses.
Perangkat keras komputer yg termasuk sebagai output
device (unit keluaran) antara lain :
- Monitor
- Printer
- Speaker
III. Pemahaman komponen perangkat lunak
Ø Evolusi Perangkat Lunak
Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit
mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak. Pengembangan perangkat
lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap
Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960.
Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri
berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu
sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi
user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling
berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi
manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini
adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga
paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database
dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun
1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.
Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era
ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain
itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini,
perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga
perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem
operasi. TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan
sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti
yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan,
jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer,
pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa
ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
Ø
Klasifikasi Perangkat Lunak ( Software)
Perangkat lunak sistem
Dalam postingan kali ini akan membahas tentang klasifikasi
perangkat lunak atau software. Perangkat lunak atau software dapat
diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:
·
Sistem Operasi (Operating System)
·
Program Aplikasi (Application Programs)
·
Bahasa Pemrograman(Programming Language)
·
Program Bantu(Utility)
1.
Sisitem Operasi ( Operating System)
Sistem
opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang
mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan
perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi
adalah :
·
Menyimapan program dan aksesnya.
·
Membagi tugas didalam CPU.
·
Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
·
Merekam sumber-sumbeer data.
·
Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan
data.
·
Memeriksa kesalahan sistem.
·
Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
·
Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang
membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi,
misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2.
Program Aplikasi (Aplicaton Programs)
Proram aplikasi adalah perangkat lunak yang
dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata,
pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa
Pemrograman (Programing Utility)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk
menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh
komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
·
Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana
pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
·
Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh
pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL,
PASCAL, FORTRAN.
·
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan
bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming
(OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.
4. Program
Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang
berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan
komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan
keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag)
dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
Ø Perangkat lunak aplikasi
1. Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan
pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu.
Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah sebuah paket perangkat
lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor.
Komponen-komponennya umumnya
didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat
berinteraksi satu sama lain.
Kebanyakan aplikasi paket
perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar
kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah program presentasi,
peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi.
2. Aplikasi
Multimedia
Aplikasi multimedia
diperlukan untuk mendukung suasana kerja yang menyenangkan. Software ini juga
diperlukan untuk mendukung sebuah presentasi. Yang termasuk dalam kategori
aplikasi ini antara lain pemutar musik dan pemutar video. Contoh aplikasi
multimedia antara lain Windows Media Player, Winamp, atau kita dapat
menggunakan iTune dan Quicktime dalam versi gratisnya.
3. Aplikasi
Internet
Perangkat lunak yang
berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi
Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang
atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut
dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi
internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah:
a) Bowser
Browser digunakan untuk membuka dan
melihat sebuah halaman web. Berbagai informasi dapat kita perelah dari jutaan
web-site yang ada di dunia ini. Contoh dari browser yang sering digunakan
antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan
Safari.
b) E-mail
E-mail merupakan aplikasi surat menyurat
di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling bertukar
dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan
Evolution Mail.
c) Messenger
Messenger digunakan
untuk berkomunikasi (chatting) antara satu orang atau lebih (conference). Selain komunikasi
melalui teks (message), juga bisa melalui suara (voice) dan video (webcam). Contoh aplikasi
messenger antara lain Yahoo Messenger.
Komentar
Posting Komentar