Artikel Kegelisahan




PENGERTIAN KEGELISAHAN
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir,  tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan  hal  yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Salah satu dampak dari perasaan gelisah yang bisa kita ketahui adalah, dalam menjalani kehidupan atau aktivitas, kita tidak bisa merasa rileks, nyaman dan merasa selalu tergganggu. Coba bayangkan, ketika kita sedang bekerja dengan fokus dan membutuhkan konsentrasi yang penuh, tiba-tiba kita merasa gelisah tanpa sebab, pastinya kerjaan kita akan semakin kacau dan terasa sangat sulit. Atau, ketika kita sedang bermain dengan anak dan keluarga kita, tiba-tiba perasaan gelisah itu muncul, tentunya kita tidak bisa merasakan kebahagiaan seutuhnya saat bersama keluarga kita.
Kegelisahan sendiri merupakan perasaan alamiah yang terjadi pada manusia dan biasanya akan mudah dialami oleh mereka yang memiliki mental lemah dan rasa percaya diri yang kurang. Perasaan gelisah ini juga pernah dialami oleh semua manusia, apalagi ketika kita berusia remaja dan dewasa, akan sangat mudah mengalaminya, karena banyak tekanan dan tuntutan diberbagai segi kehidupan.
Orang yang mengalami perasaan gelisah biasanya sedang mendapat tekanan saat beraktivitas baik dari dalam maupun dari luar, sehingga kegelisahan itu muncul pada diri sendiri. Kegelisahan merupakan sebuah reaksi natural psikologis dan phisiologis akibat adanya ketegangan saraf dan kondisi-kondisi kritis atau tidak menyenangkan yang dialami oleh manusia.
Setiap individu memiliki ketahanan psikologis dan phisiologis yang berbeda-beda, ada orang yang sangat kuat sehingga dengan adanya tekanan Dia merasa biasa saja, dan juga ada orang yang baru ada tekanan sedikit sudah merasa sangat gelisah. Memang apa yang dialami oleh setiap individu tentang perasaan gelisah itu wajar-wajar saja, yang tidak wajar itu apabila kita mudah mengalami kegelisahan dan selalu merasa gelisah walaupun hal itu hanya tekanan yang sepele, sehingga kita merasa gugup, takut, jantung berdetak kencang bahkan sampai mengeluarkan keringat dingin.


CARA MENGATASI KEGELISAHAN
1.   Usahakan agar pikiran Anda tetap tenang, dan jangan terlalu berburuk sangka terhadap segala sesuatu.
2.   Carilah tempat yang sesuai dengan kesukaan Anda untuk menenangkan kegelisahan yang Anda alami.
3.   Jangan terpengaruh dengan situasi yang memanas dan membuat Anda selalu terpikirkan tentang rasa gelisah tersebut.
4.   Luangkan sedikit waktu Anda, untuk mengisi hal yang positif dan dapat menenangkan kegelisahan yang Anda alami
5.   Berdo'alah dan mintalah petunjuk kepada Tuhan, karena segala sesuatu itu atas takdirNYA.
6.   Gunakanlah alternatif pengobatan yang bisa membantu Anda, seperti meditasi, mediasi, terapi, ataupun yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pencarian Buta (Blind search) dan Metode Pencarian Heuristik

SLA (Service Level Agreement) dan OLA (Operational Level Agreement).

Trend Sist / TI Dalam Bidang Kesehatan dan Dalam Bidang Media (New Media)