Bentuk Tanggung Jawab Kita Dalam Kehidupan Sehari-hari



TANGGUNG JAWAB TERHADAP DIRI SENDIRI 

·         Belajar
Sebagai mahasiswa yang berpendidikan , belajar merupakan kewajiban setiap orang . Belajar menjadi tanggung jawab diri sendir. Saat ujian tiba hanya niat kita saja yang mampu membawa kita untuk belajar, saat kita tidak belajar waktu ujian , kita akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan . dan itu merupakan tanggung jawab kita, mengapa kita tidak belajar. Maka dari itu belajar merupakan tanggung jawab masing- masing individu.

·         Kesehatan
Jika kita tidak bertanggung jawab akan kesehatan kita, maka itu akan menghambat aktifitas kita sehari-hari . siapa lagi yang mampu menjaga kekebalan tubuh kita kalo bukan kita sendiri yang menjagannya . dokter hanya mampu menyembuhkan, tetapi diri kita lah yang harus berusaha.

·         Kebiasaan Buruk
Setiap individu pasti memiliki kebiasaan buruk dalam hal apapun. sebenarnnya jika kita menyadari kebiasaan buruk yang kita lakukan ternyata salah, kita dapat merubah kebiasaan tersebut. Walaupun awalnnya sangat sulit tapi dengan niat kita yang sungguh-sungguh , kita dapat merubahnnya. Hanya diri kita yang mampu merubahnnya, orang lain hanya mampu mendorong kita dengan motivasinnya.

·         Tindakan
Jika kita tidak pernah melakukan apa yang telah kita rencanakan, terutama yang terlibat pada banyak orang maka mereka akan mulai berpikir bahwa kita bukanlah orang yang bisa diandalkan. Jadi apa yang menjadi tindakan kita merupakan salah satu tanggung awab terhadap diri sendiri yang perlu diperhatikan.

·         Menjauhkan Diri Dari Pergaulan yang Salah
Lingkungan disekitar kita merupakan tempat sosialisasi kita mencari teman atau sering disebut dengan bergaul. Pergaulan yang salah mampu menghadapkan kita kearah yang tidak benar. Maka dari itu sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mencari teman yang mampu mengingatkan kita akan kebenaran dan menjauhkan kita dari hal hal buruk seperti menggunakan narkoba, merokok, minum – minuman keras dan sebagainnya.


TANGGUNG JAWAB TERHADAP KELUARGA 

·         Patuh Terhadap Perintah Orangtua
Orangtua akan sangat senang sekali jika anak-anaknya mau menuruti segala apa yang diinginkan orangtua. Namun yang jelas anak-anak tidak wajib menuruti kemauan orangtuanya yang melanggar ajaran agama dan melanggar hukum seperti perintah untuk meninggalkan sholat lima waktu, melakukan korupsi, mencontek saat ujian, dan lain-lain.

·         Menjadi Anak yang Baik
Anak yang baik akan menjadi kebanggaan keluarganya. Anak yang baik juga akan disukai orang-orang yang ada di sekitarnya baik di rumah, sekolah, tempat ibadah, keorganisasian, dan lain sebagainya. Anak yang nakal biasanya tidak disukai oleh orang-orang yang berada di sekitarnya, dan bahkan bisa dimusuhi warga di lingkungannya jika perilakunya sudah keterlaluan melampaui batas.

·         Menghormati Saudara yang Lebih Tua dari kita
Kita sebagai yang paling muda dalam keluarga sudah sewajarnnya mengormati saudara yang lebih tua seperti kakak/abang .

·         Melakukan Pekerjaan Rumah
Kita tinggal dilingkungan berkeluarga sudah menjadi tanggung jawab setiap anggota keluarga untuk melakukan pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah bukan hanya ibu saja yang melakukan, tapi kita juga harus ikut melakukannya .

·         Menjaga Adik saat orang tua sedang sibuk
Siapa lagi yang akan bertanggung jawab kepada adik kita, saat orang tua kita sedang sibuk atau sedang pergi. Sudah menjadi tanggungan kita sebagai kaka untuk menjaga adiknnya.


TANGGUNG JAWAB TERHADAP MASYARAKAT BANGSA - NEGARA

·         Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju kearah yang lebih baik.

·         Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baknya.Sampai sekarang saya telah memenuhi kewajiban tersebut, saya mentaati hukum negara dengan baik, karena dengan mentaati hukum-hukum yang ada di Indonesia saya menjadi lebih aman dalam menjalani hidup.

·         Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara


·         Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif

·          Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia


TANGGUNG JAWAB TERHADAP SANG PENCIPTA

·         Sholat 5 waktu
Sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk beribah kepada sang pencipta, yaitu melakukan sholat 5 waktu dan sholat-sholat sunnah lainnya . itu adalah cara interaktif kita untuk berkomunikasi pada sang pencipta.

·         Berbuat baik kepada sesama
Kita diciptakan untuk saling menolong dan berbuat baik kepada orang lain, tidak memandang siapakah orang itu dan dari mana asalnnya. Kita menolong karna memang sudah menjadi hakikat kita kepada sang pencipta.

·         Mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakanNya kepada kita semua.
Kita diciptakan oleh sang pencipta , maka sudah sewajarnnya kita mensyukuri apapun yang telah allah berikan kepada kita . karna masih banyak orang yang masih dibawah kita, tetapi mereka masih mensyukuri nikmatnnya.

·         Melaksanakan segala perintahNya serta berusha menjauhi atau meninggalkan segala apa yang dilarang oleh Tuhan YME.

·      Menuntut ilmu dan menggunakannya untuk kebajikan (kemaslahatan) umat manusia sebagai bekal kehidupan baik didunia maupun diakhirat kelak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pencarian Buta (Blind search) dan Metode Pencarian Heuristik

SLA (Service Level Agreement) dan OLA (Operational Level Agreement).

Trend Sist / TI Dalam Bidang Kesehatan dan Dalam Bidang Media (New Media)